AKIRA





Author: Katsuhiro Otomo
Genre: Action, Cyber-punk, Post-apocalypse
Published: 1982 - 1990

Akira adalah impresi science-apocalypse Katsuhiro Otomo dengan berbalut tema politik, sekte kultus, revolusi dan secret experiment . Neo-Tokyo sebuah metropolis hedonis yang dibangun dari serpihan-serpihan distopia Tokyo saat Perang Dunia III. Akira adalah kekuatan yang meledakan Tokyo saat itu dan  memicu PD-III. Setelah tragedi tersebut, Akira dipenjara dalam tidur kriogenik selama 30 tahun.

Salah satu anggota geng motor yang diketua Kaneda bernama Tetsuo mengalami kecelakan yang melibatkan seorang hasil eksperimen rahasia pemerintahan. Kecelakan tersebut membangunkan kekuatan psikis Tetsuo dari hibernasi. Tetsuo yang memiliki kekutan psikis ini diramalkan akan membangunkan kembali Akira dari tidur kriogeniknya dan kembali menekuklutut keangkuhan menara-menara pencar langit Neo-Tokyo.    

Akira adalah salah satu manga penting dan berpengaruh dalam sejarah manga dengan tema post-apocalypse. Akira yang buat oleh Otomo terasa gelap, serius dan depresif. yang terbaik dari akira adalah detail kehancuran yang dibaut Otomo begitu sempurna. Otomo banyak membuat ilusi gerak mekanis dari peralatan super canggih, senjata mematikan dan juga sepeda-motor futuristik yang mendelay kelopak mata berkedip beberapa detik ephermis. Akira adalah Supernova yang melahirkan semesta baru untuk manga-manga post-apocalypse.


Story: 9
Meskipun memiliki cerita yang tidak begitu rumit, Otomo banyak memberi cerita-cerita kecil pada setiap karakter yang mendukung cerita utama dan juga didukung dengan imaji dari Otomo yang luar biasa yang ikut bernarasi visual.

Art: 10 (+1)
Yang terbaik dari Akira adalah visualisasi imaji yang kuat dari Otomo. Setiap frame dibuat dengan detail dan tegas. Mungkin gaya menggambar Otomo sangat revolusioner untuk industri manga di Jepang pada saat itu (1982). Otomo tidak hanya konsisten dalam kerumitan gambar latar tetapi juga dalam memberi efek ilusi cahaya yang membuat Neo-Tokyo begitu gemerlap dalam kehampaan hitam-putih sekaligus. Kehancuran Neo-Tokyo dikonstruksi dengan lautan keputusasaan yang menenanngkan. Akira adalah karya seni yang akan diperbincangkan terus dari masa kemasa.

Karakter: 8
Otomo tidak banyak memberi pengembangan karakter dalam plot atau karakter secara psikologis khusus. pengembangan dari karakter baru terasa saat dipenghujung cerita yang berakhir klimaks.

Overall: 10
Akira adalah masterpiece manga dengan tema Post-Apocalypse dengan gaya Cyber-punk
              

Comments

Post a Comment