Blame!



Author : Tsutomu Nihei

Genre : Action, Cyber-punk
Published: 1998 - 2003

Blame! adalah manga denga latar post-apocalypse dystopia dengan gaya extreme-odd-vague-megaultimate-vast-cyber-punk. Latar belakang Nihei adalah seorang arsitektur yang terobsesi dengan Mega Structure. Banyak frame yang digambarkan dari sudut-sudut ekstrim dan super-perspektif. Visualisasi Blame! digambarkan seperti CCTV dari sebuah dunia maha besar tanpa horizon. Titik pandang terhalang oleh bangunan struktur raksasa yang menutup jarak pandang. Sebuah dunia yang sampit tanpa batas, sebuah kehidupan dalam atmosfir kesuraman yang dikekang dalam dalam sangkar yang maha luas. Sebuah manga dengan kemampuan Visual-orgasm.


Blame! adalah sebuah kekhawatiran Nihei terhadap eksistensial manusia yang mungkin tergantikan oleh super-massive-intelligent-technology yang dibuat oleh manusia sendiri. Blame! dimulai dengan prolog "MUNGKIN DI BUMI, MUNGKIN DI MASA DEPAN", dimana Nihei sendiripun tidak tahu dimana dunia yang dia gambarkan itu. Nihei tidak memanjakan pembaca dengan "dongen sebelum tidur" yang berlimpah narasi. Blame! bercerita melalui gambar, ekspresi, bahasa tubuh dan landscape yang memelintir otak dalam menterjemahkannya ke sebuah cerita yang miskin dialog.  

Pembaca akan ditenggelamkan dalam lautan pertanyaan. Pemabaca akan disiksa dengan rasa lapar dan haus akan plot cerita yang menggantung dan misterius, tanpa awal dan tanpa akhir yang terus berputar tanpa batas dan bahkan pambaca tidak akan menyadari kalau sudah terjebak dan hidup di dalamnya. Blame! adalah mimpi buruk bagi alphabetical-philia dan dark-phobic.     

Blame! menceritakan sebuah misi jutaan jam seorang (mungkin manusia?) di sebuah mega-structure dengan tujuan menemukan Net Terminal Genes untuk "menyelamatkan" dunia dari ancaman dominasi organisme artificial intelligent. Dengan bermodalnya sebuah senjata kecil dengan kemampuan hancur milyaran tenaga nuklir dia harus menghadapi mahkluk-mahkluk cyber yang jumlahnya mendekati tak terbatas.





Story : 9
Kelemahan Blame! mungkin dari cerita yang  sulit dicerna. Tapi justru itulah tujuan Nihei membuat Blame! minim dengan narasi sehingga memaksa pembaca menghancurkan batas imaji dan hidup dalam dunia imajinya sendiri. Nihei hanya memvisualisai sebuah imaji sehingga imaji pembaca dapat hidup di dalamnya.

Art : 10 (+1)
MAGNIFICENT, sebuah visualisasi imaji yang luar biasa. Sebuah imaji dari sebuah dunia cyber tanpa batas. Selain detail gambar yang menakjubkan Nihei juga memiliki kemampuan perspektif dimensi yang luar biasa. Selain dari imaji dunia yang fantastis, Nihei juga berhasil dalam memberi imaji aksi dari karakter saat berduel.

Karaketer : 8
Tema kehancuran umat manusia dan atmosfer yang gelap mempersempit pengembangan karakter yang dibangun oleh Nihei. Karakter yang dibuat Nihei begitu gelap, kaku, tidak ramah, dingin dan tak banyak bicara. Saat menghadapi musuh yang menghadang misinya, tanpa basa-basi, tanpa berpose gagah, Sang karakter utama langsung meledakan kepala musuhnya pada detik pertama.

Ovellall : 10
Sebuah manga yang wajib dibawa oleh penggemar tema cyber-punk. Blame! adalah Keindahan sebuah kekacauan.

  

Comments