SOIL




Author : Atsushi Kaneko
Genre : Supernatural
Published: 2004 - 2010

Alasan pertama saya membaca Soil karena merupakan salah satu manga rekomendasi dari grup skanlasi Kotonoha. Sayangnya grup skalasi ini tidak aktif kemabali, Termasuk manga Soil ini belum selesai dialih bahasakan pada volume volume akhir.

Soil menceritakan sebuah keanehan yang terjadi dalam kota Soil. Satu keluarga menghilang tanpa jejak kemudian membawa dua orang detektif untuk menyelidiki kasus ini. Tapi kasus ini semakin rumit, misterius dan semakin mencekam.


Story : 10/10
Karena skanlasi kotonoha belum menyelesaikan alih bahasa manga ini, saya sendiri pun tidak mengetahui akhir cerita Soil. Cerita dan teka teki terus berkembang dari awal cerita dan semakin dibaca semakin rumit dengan bebagai keanehan dan kejanggalan yang mendalam. Atau bahkan akan membuat takut untuk membalik ke halaman selanjutnya. Anda pasti akan gila dengan Twist yang terus menerus muncul tanpa henti. 

Art : 9/10
Mungkin bagi die hard fans manga akan jijik melihat gaya mengambar dari Atsushi Kaneko. Tapi jika diperhatikan detail gaya menggambar kaku, tebal dan tajam membutuhkan teknik menggambar yang mumpuni. 

Character : 9/10
Ada beberapa karater yang menarik dan cukup kuat dalam Soil, Yokoi detektif lanjt usia dengan ocehan sexist, Onoda detektif magang seorang wanita kutu buku dengan penampilan tidak menarik. dan Kento seorang pemuda dengan karakter gelap.

Overall : 9/10
Meskipun belum ada skanlasi lengkapnya, anda pasti akan terkejut dan tidak akan menyangka bahwa ini adalah salah satu manga jepang.       

Comments